Info : Benda Yang Tidak Boleh Dipakai Bersama



Ketularan penyakit? Pasti nggak ada yang pengen mengalaminya. Selain resiko penularan dengan kontak langsung, ternyata ada juga benda-benda yang bisa menjadi perantara penyakit. Dengan alasan berhemat, kita sering memakai barang yang seharusnya tidak di gunakan bersama. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kita perlu berdisiplin dalam menggunakannya. Harus bersih dan nggak boleh tukar-tukaran!

Sikat gigi
Pertukaran cairan akibat berbagi sikat gigi bisa memicu penularan berbagai penyakit serta infeksi. Ditambah lagi dengan sisa bakteri yang berada di situ. Makanya, walaupun dengan keluarga sendiri, jangan dibiasakan tukeran sikat gigi. 



Pakaian dalam

Kalau baju, kita masih bisa pinjam, tapi tidak untuk pakaian dalam! Selain karena sangat personal, dari segi higienis, hal ini juga sangat riskan. 



Handuk

Handuk bekas pakai, bisa menjadi perantara jamur dan bakteri, terutama berbagai penyakit kulit.  Apalagi, jika handuk tersebut dalam kondisi lembab setelah digunakan. 



Alat Cukur

Ketika dipakai, alat cukur bersentuhan langsung dengan pori-pori kulit, dan bisa saja tanpa terasa melukainya. Artinya, jika pemakai memilki penyakit kulit atau virus dalam tubuhnya, akan sangat mungkin mengkontaminasi alat cukur tersebut. Ini bisa menulari orang lain yang memakai. 



Alat Menikur Pedikur

Di saat melakukan meni pedi, kulit bisa saja terluka, meskipun itu luka kecil. Membilas atau mengelap pun belum tentu bisa menghilangkan segala virus atau bakteri yang ada. Solusinya, biasakan pakai alat meni-pedi milik pribadi.



Obat tetes mata 

Pakai obat tetes mata milik orang lain sama artinya dengan memperbesar resiko tertular penyakit mata. Soalnya, obat tetes tersebut bisa jadi telah terkontaminasi. Misalnya, ketika bagian ujung obat tetes tanpa sengaja terkena mata yang sakit.  

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar